TUMIS UDANG ASPARAGUS



TUMIS UDANG ASPARAGUS .suatu jenis sayuran dari spesies tumbuhan genus asparagus, terutama batang muda dari Asparagus officinalis. Asparagus telah digunakan sejak lama sebagai bahan makanan karena rasanya yang sedap dan sifat diuretiknya. Dengan adanya sifat diuretik tersebut, asparagus berkhasiat untuk memperlancar saluran urin sehingga mampu memperbaiki kinerja ginjal. Asparagus merupakan sumber terbaik asam folat nabati, sangat rendah kalori dan tidak mengandung lemak atau kolesterol serta mengandung sangat sedikit natrium.

Berikut akan saya sampaikan resep untuk tumis asparagus dengan kombinasi udang yang sangat lezat dan tentunya sehat dan baik untuk tubuh.

Bahan-bahan yang diperlukan :
- 500 gr udang
- 7 batang Asparagus segar
- 1 tangkai daun bawang
- 2 ruas jahe
- 1 batang wortel
- 4 sdm minyak
- 1 sdt garam halus
- gula pasir secukupnya

pelengkap/penyedap :
- 1 sdt angciu (arak untuk masak)
- 1 sdt tepung maizena (pengeental)

Langkah-langkah memasak :
1. pertama cuci udang, rendam dalam air garam (½ sdt garam dan 2 cangkir air) -+ 20 menit, kupas kulitnya, belah bagian punggung, cuci bersih, tambahkan bumbu penyedap dan campur rata.
2. cuci bersih Asparagus. potong serong memanjang, yang bagian tua dikuliti. Daun bawang dipotong kecil-kecil.
3. panaskan 2 sdm minyak, masukkan asparagus dan tumis. Tambahkan bumbu penyedap, tumis dengan suhu tinggi (api besar) sampai matang.
4. Panaskan 3 sdm minyak, masukkan udang dan goreng dengan suhu sedang sampai berubah warna dan angkat.
5. tumis daun bawang dan jahe, masukkan wortel dan udang, tambahkan sedikit angciu (arak), tepung maizena, dan terakhir masukkan asparagus, aduk rata.
6. setelah matang angkat dan sajikan.

Selamat mencoba di rumah.


Previous
Next Post »