SATE BANDENG KHAS SERANG BANTEN



SATE BANDENG KHAS SERANG BANTEN. Sate bandeng merupakan makanan khas Banten dan banyak ditemui di daerah Serang. Makanan olahan dari ikan bandeng ini diperkenalkan oleh juru masak kerajaan Banten pada abad ke 16 untuk menjamu para tamu kerajaan. Karena ikan bandeng memiliki banyak duri sehingga menyulitkan saat dikonsumsi, juru masak menyajikan ikan bandeng dengan cara yang berbeda agar dapat dikonsumsi tanpa harus kesulitan saat di makan, sehingga terciptalah sate bandeng dan masih populer hingga sekarang. Namun dalam perkembangannya masih belum banyak masyarakat yang tahu dengan kuliner yang satu ini maka dari itu harus ada ekspansi kuliner keluar daerah tersebut misalnya saja bisa di buka gerainya di kota jakarta yang notabene masyarakat urban dari seluruh provinsi indonesia bahkan mancanegara dapat lebih dekat dengan kuliner asal serang banten ini.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sate bandeng :

-1 ekor Ikan Bandeng ukuran sedang
-4 sendok makan Minyak untuk menumis
-Daun Pisang untuk membungkus
-Bambu untuk menjepit

Bumbu yang dihaluskan :

-7 butir Bawang Merah
-4 siung Bawang Putih
-4 buah Cabai Merah Keriting
-½ sendok teh Ketumbar
-½ sendok teh Jintan
-Lengkuas secukupnya
-Kunyit kunyit secukupnya
-50 gram Kelapa sedang, kemudian anda parut dan sangrai
-1 sendok makan Gula Pasir
-30 ml Air Asam Jawa
-2 butir Telur, kemudian anda kocok
-100 ml Santan Kental

Langkah-langkah memasak :
1. Pertama anda bersihkan terlebih dahulu ikan bandengnya, kemudian anda patahkan tulang ekornya. -Tarik keluar tulang punggung bandeng melalui lubang insang.
2. Kemudian anda pukul-pukul badannya agar daging terlepas dari kulitnya, lalu anda keluarkan -dagingnya dengan bantuan sendok.
3. cincang daging bandengnya, kemudian anda sangrai dengan api kecil sampai agak kecil, Sisihkan dan haluskan.
4. Lalu anda panaskan minyak, dan anda tumis semua bumbunya hingga harum dan matang.
5. Masukkan ikan bandeng yang sudah disangrai, kelapa sangrai, garam, gula pasir dan air asam jawa. -Anda aduk rata, angkat dan biarkan uapnya menghilang. Masukkan telur dan santan, aduk rata.
6. Masukkan adonan isi melalui lubang insang dengan bantuan piping bag sampai badan ikan penuh. -Kemudian anda jepit ikan bandengnya dengan bilah bambu, ikat dengan bambu.
7. Tutup badan ikan dengan sisa adonan, kemudian anda bungkus ikannya dengan daun pisang.
8. Panggang diatas bara api, sambil dibalik-balikkan hingga matang dan harum.
9. Angkat dan sajikan.

Bagi anda yang tidak suka dengan daging bandeng karena duri-durinya itu yang bikin kesel bisa juga menggunakan alternatif lain sebagai pengganti ikan bandeng, namun kalau diganti malah bukan sate bandeng dong judulnya hehe. Selamat mencoba yah di rumah.






Newest
Previous
Next Post »