SEJUTA MANFAAT BUNCIS





MANFAAT BUNCIS UNTUK KESEHATAN :

Ada banyak alasan untuk sering makan buncis. Anda bisa mengganti setiap jenis masakan buncis atau mencampurnya dengan sayuran lain. Berikut ini merupakan gambaran berbagai manfaat buncis yang sangat menakjubkan.

1. Mencegah Penuaan Dini
Wanita biasanya sangat merasa takut ketika menghadapi resiko penuaan dini. Faktor hormon estrogen yang berubah ketika menopause membuat tanda penuaan muncul dengan cepat. Buncis akan bekerja untuk tubuh Anda dalam mencegah penuaan. Buncis mengandung berbagai nutrisi yang bisa memelihara kulit dari kerusakan terutama karena radikal bebas dan kondisi perubahan hormon. Dalam buncis ditemukan beberapa zat seperti flavonoid, lutein, beta karoten, vitamin A, dan zea-xanthin yang bisa mencegah efek raadikal bebas.

2. Sayuran Hebat untuk Diet
Jika Anda ingin diet dengan cara vegetarian atau food combaining maka Anda bisa mencoba rajin makan buncis. Buncis mengandung jumlah kalori yang sangat kecil, yaitu sebesar 30 kalori untuk setiap 100 gram. Selain itu buncis tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh. Anda bisa makan buncis tanpa harus khawatir dengan kenaikan
berat badan.

3. Menguntungkan untuk Ibu Hamil
Ibu hamil harus mendapatkan nutrisi yang cukup untuk menjaga pertumbuhan janin yang sehat. Nutrisi yang didapatkan ibu hamil akan disalurkan secara langsung melalui plasenta. Tantangan utama bagi ibu hamil adalah mencukupi kebutuhan folat pada saat trimester pertama. Buncis bisa menjadi sumber makanan penuh folat yang baik untuk mencegah cacat tabung syaraf atau spina bifida. Bahkan buncis juga bisa membantu proses sintesa DNA dan proses pembelahan sehat yang sehat.

4. Membuat Metabolisme Tubuh Lebih Lancar
Berbagai permasalah metabolisme yang tidak lancar biasanya akan terasa ketika sudah lama. Anda bahkan tidak akan mendapatkan gejala ketika ada masalah gangguan metabolisme. Namun sekarang Anda bisa mencegah masalah metabolisme dengan makan buncis. Buncis mengandung berbagai jenis mineral seperti magnesium, zat besi, mangan, kalsium dan kalium. Mineral ini dibutuhkan untuk menjaga metabolisme tetap sehat sehingga organ tubuh Anda juga sehat dan terpelihara dengan baik.

5. Memelihara Kesehatan Usus
Kesehatan usus akan mempengaruhi kesehatan tubuh Anda secara umum. Fungsi usus untuk mencerna makanan akan membantu organ tubuh lain dalam menyerap nutrisi. Buncis mengandung kadar serat larut yang tinggi. Serat dibutuhkan untuk melindungi usus agar tetap sehat dan mencegah terjadinya kanker usus. Bahkan serat juga bisa menurunkan resiko sembelit atau wasir. Serat juga memiliki manfaat lain yang penting yaitu menurunkan kolesterol tubuh dengan cara meningkatkan produksi asam empedu.

6. Menjaga Jantung Anda
Jantung merupakan organ yang memompa darah ke semua bagian tubuh lewat pembuluh darah. Buncis bisa melindungi tubuh Anda karena mengandung kalium dan flavonoid. Flavonoid akan membantu tubuh untuk mencegah peradangan, menjaga aliran darah tetap lancar, mencegah terjadinya pembekuan darah dan melindungi otot jantung agar tetap sehat. Jadi buncis bisa menjadi makanan super untuk kesehatan jantung Anda.

7. Mencegah Diabetes
Penyakit diabetes disebabkan karena kondisi kadar gula darah yang sangat tinggi akibat tubuh tidak mampu menghasilkan insulin. Buncis akan membantu Anda mencegah diabetes karena mampu mendorong kadar gula darah yang tetap stabil. Jika Anda melakukan diet rendah gula maka hasilnya akan lebih baik. Bagi penderita diabetes maka buncis bisa menjadi camilan menyehatkan dengan cara di kukus atau direbus.

8. Mencegah Penyakit Degenerasi Makula
Penyakit degenerasi makula menyerang kornea dan lensa mata sehingga menyebabkan kondisi mata akan menurun secara perlahan. Buncis bisa melindungi mata Anda karena mengandung sebuah senyawa yang dikenal dengan nama zea-xanthin. Ini adalah senyawa karotenoid yang bisa melindungi mata dari pengaruh radiasi layar komputer, gadget atau panas cahaya matahari. Bagi orang tua maka konsumsi buncis bisa mengurangi tingkat keparahan gangguan mata.

9. Menangkal Infeksi Bakteri, Kuman atau Virus
Terkadang kita bisa terkena infeksi bakteri, kuman atau virus dengan cara yang sangat mudah. Makan buncis dengan beberapa jenis sayuran lain akan membuat tubuh Anda terasa lebih kuat. Buncis mengandung vitamin C yang bisa menangkal infeksi dan radikal bebas yang telah masuk ke dalam tubuh. Selain itu buncis juga akan memenuhi kebutuhan vitamin B Anda terutama vitamin B1 dan B6.

10. Memelihara Kesehatan Tubuh
Sistem kekebalan tubuh yang baik akan membuat tubuh Anda tetap sehat dan tidak mudah terkena sumber penyakit. Salah satu sayuran yang bisa membantu memelihara kesehatan adalah buncis. Buncis mengandung bahan antioksidan tinggi yang bisa melawan radikal bebas. Bahkan buncis bisa membantu proses pemulihan tubuh setelah sakit.

11. Melindungi Lambung
Buncis juga bisa melindungi kesehatan lambung Anda. Kandungan serat dalam buncis memang sangat tinggi sehingga membantu tubuh dalam mengatasi berbagai penyakit termasuk kanker usus, maag dan wasir. Buncis memberikan perlindungan terhadap lambung karena bisa menjaga sistem pencernaan yang baik dan memelihara produksi asam yang seimbang dalam usus. Anda bisa mulai makan buncis dari sekarang untuk melindungi tubuh dari penyakit lambung.

12. Meringankan Stroke
Penyakit stroke terjadi ketika ada bagian pembuluh darah yang berada di dalam otak berhenti bekerja sehingga menyebabkan sel-sel otak mati. Kondisi ini kemudian menyebabkan penderita kehilangan keseimbangan, kematian beberapa syaraf dan kehilangan kemampuan bicara. Pada dasarnya masalah ini tergantung dari sisi sel otak mana yang mengalami kerusakan. Buncis dipercaya bisa mengurangi beberapa masalah setelah serangan stroke. Hal ini disebabkan karena buncis mengandung flavonoid ( antioksidan, katekin, kaemferol). Senyawa ini akan membuat tubuh lebih sehat dengan membuat sel otak aktif bekerja dan mencegah peradangan.

13. Menjaga Tulang Sehat
Kesehatan tulang menjadi salah satu kunci utama tubuh tetap bisa melakukan berbagai aktifitas. Buncis mengandung kalsium yaitu mineral yang penting untuk menjaga tingkat kepadatan tulang. Kekurangan kalsium akan meningkatkan resiko penyakit osteoporosis dan kerapuhan tulang yang berat. Buncis akan menjaga agar kesehatan tulang Anda tetap baik hingga usia lanjut.

14. Membantu Menjaga Tekanan Darah
Menjaga tekanan darah harus dilakukan semua orang terutama agar tidak terkena penyakit tekanan darah tinggi. Buncis bisa menjadi sumber sayuran hijau yang sangat baik untuk menjaga tekanan darah tetap stabil. Buncis mengandung mangan dan kalium yang bisa membantu mengatasi penyakit tekanan darah tinggi. Selain itu buncis juga mengandung jenis mineral lain seperti kalsium dan magnesium.

Tips Memilih dan Menyimpan Buncis :
-Pilih buncis yang masih segar dengan tanda warna hijau, tidak ada guratan, tidak ada bekas coklat atau kuning dan tidak ada lubang yang biasanya menjadi pertanda ulat di dalam buncis.
-Pilih buncis yang masih tegak, tidak lemas dan memiliki bekas tangkai yang masih sangat segar.
-Pastikan tidak menemukan bintik coklat atau hitam pada permukaan kulit buncis.

Efek Samping Terlalu Banyak Makan Buncis :
-Buncis sebaiknya tidak dimakan dalam jumlah berlebihan terutama untuk penderita diabetes, infeksi saluran kemih dan batu ginjal. Hal ini disebabkan karena buncis mengandung asam oksalat alami yang bisa membentuk batu atau kristal dan menyebabkan resiko batu ginjal. Kondisi ini lebih mungkin terjadi pada penderita diabetes.
-Buncis mengandung senyawa sam fitat yang bisa membuat tubuh tidak menyerap sejumlah mineral dan nutrisi lain yang masuk ke dalam tubuh. Kondisi ini bisa menyebabkan tubuh Anda menderita kekurangan gizi karena kurang mineral seperti kalsium, mangan, fosfor, magnesium dan mineral lain.
-Buncis bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti mual, muntah dan kembung jika dimakan dalam jumlah yang besar. Hal ini disebabkan karena buncis mengandung lektin yaitu protein yang bisa menyebabkan usus menolak berbagai zat makanan.
-Buncis juga sangat rentan untuk Anda yang menderita alergi kacang-kacangan atau biji-bijian. Anda tetap bisa makan buncis meskipun dalam jumlah yang lebih kecil.
Previous
Next Post »