AYAM GORENG LENGKUAS SPESIAL


AYAM GORENG LENGKUAS SPESIAL. Untuk menu yang satu ini saya sangat menganjurkannya, kenapa? karena di lihat dari bahan bakunya sendiri sangat mudah di dapat dan proses memasaknya tidak banyak meyita waktu apalagi di jaman sekarang yang semakin hari dituntut dengan berbagai macam rutinitas yang padat. Nah ini dia solusinya untuk masakan enak tanpa ribet lama-lama di dapur, untuk resepnya sendiri saya akan bantu paparkan di bawah ini.

Bahan-bahan yang diperlukan :
-1 ekor ayam kampung / bisa dengan ayam broile (negeri), potong menjadi 8 bagian
-500 ml air
-1 batang serai,memarkan
-2 lembar daun salam
-2 lembar daun jeruk
-150 gr lengkuas, parut halus
-1 sdm air asam jawa
-Garam halussecukupnya
-Minyak untuk menggoreng

Bumbu yang dihaluskan :
-7 butir bawang merah
-4 siung bawang putih
-1 cm jahe
-4 butir kemiri
-1 sdt gula merah
-1/2 sdt ketumbar
-garam halus secukupnya

Langkah-langkah memasak :
1. Pertama cuci ayam dan tiriskan, letakkan dalam panci lalu masukkan air, daun salam, serai, daun jeruk, lengkuas, air asam jawa dan bumbu halus. Aduk rata lalu rebus, beri garam secukupnya dan masak sampai airnya meresap dan menyusut.
2. Kemudian panaskan minyak kemudian goreng ayam hingga kecoklatan. Goreng juga sisa bumbu rebusan tadi sampai matang kecoklatan. Taburkan bumbu kremesan di atas ayam goreng lalu sajikan.

Tips agar hasil daging ayam empuk sebelum di goreng sebaiknya daging di kukus sebentar kemudian di goreng, nah cukup sederhana bukan namun memiliki cita rasa yang tinggi. Selamat mencoba di rumah ya
Previous
Next Post »