Manfaat luar biasa buah Jambu

Manfaat luar biasa buah Jambu. Banyak yang tahu buah jambu dan tidak asing lagi di telinga kita kalau mendengar kata jambu merah. Buah yang juga di kenal sebagai rajanya Vit C ini sangat baik untuk di konsumsi karena kaya sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita diantaranya kulit, pencernaan dan untuk mencegah penuaan dini.

Manfaat buah jambu :

1. Nutrisi Mata
Jambu biji merah ternyata mengandung sumber utama vitamin A. Vitamin A membantu menutrisi organ mata yang akan menyehatkan mata serta membantu memperlambat munculnya gangguan kesehatan pada mata seperti katarak serta degenerasi makula atau penurunan penglihatan ketika usia bertambah.
2. Pencegah Kanker
Jambu biji merah memiliki sumber antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh anda. Sumber antioksidan yang dimaksud yaitu likopen yang mana memiliki fungsi mengurangi resiko terkena kanker prostat, kanker payudara serta kanker mulut. Ini dikarenakan, jambu biji dapat menghambat pertumbuahan serta metastasis sel kanker yang mematikan tersebut.
3. Penurun Berat Badan
Jambu biji merah nyatanya juga terbukti efektif dalam program  penurunan berat badan anda. Ini dikarenakan, selain bersifat mengenyangkan perut lebih lama, jambu biji juga memasok kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sera rendah kolesterol dan rendah karbohidrat. Inilah yang membuat jambu biji menjadi salah satu program diet anda yang sempurna.
4. Penghindar Diabetes
Ternyata jambu biji merah dapat membantu mencegah munculnya penyakit diabetes tipe 2. Selain itu, jambu biji juga sangat baik bagi penderita diabetes. Ini dikarenakan, sumber serat dalam jambu biji dapat membantu mengatur atau mengontrol penyerapan gula didalam tubuh anda.
5. Penangkal Hipertensi
Fungsi lain yang tak kalah penting dari jambu biji merah yaitu mengurangi resiko terkena tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kandungan sumber serat dalam jambu biji berperan dalam mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah dan meningkatkan sirkulasi darah di pembuluh darah yang mana pada akhirnya dapat mencegah hipertensi.
6. Cerdaskan Otak
Jambu biji merah mengandung vitamin B3 (niasin) serta B6. Kedua vitamin tersebut berperan dalam hal meningkatkan sirkulasi darah keseluruh organ termasuk otak. Oleh karena itulah, jambu biji dapat menjadi salah satu buah alternatif yang dapat meningkatkan kesehatan otak dan membuat seseorang lebih berkonsentrasi.

Beberapa kandungan lain dari jambu :

- Solusi Sembelit
Susah buang air besar atau sembelit menjadi masalah serius jika tidak segera ditangani secara lebih cepat. Sumber serat dalam jambu biji merah dapat membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dan sistem ekskresi. Dalam hal ini dapat memudahkan proses buang air besar dan menjauhkan anda dari sembelit.
- Sebagai antioksidan
Buah jambu biji merah memiliki kandungan senyawa antioksidan yang sangat tinggi yang dihasilkan oleh kandungan vitamin C, kandungan vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan sintesis kolagen di dalam tubuh. Kolagen merupakan protein yang di butuhkan oleh tubuh dalam menjaga integritas pada pembuluh darah, kulit, tulang dan organ tubuh lainnya.
- Melancarkan BAB
Buah jambu biji merah juga sangat berkhasiat dalam menjaga kesehatan pencernaan, karena di dalam buah jambu biji mengandung serat alami yang sangat bermanfaat dalam melancarkan system pencernaan seperti susah BAB, sembelit serta membuang zat-zat berbahaya di dalam usus.
- Menjaga kesehatan tubuh
Buah jambu biji merah juga kaya akan vitamin B kompleks, sehingga sangat bermnafaat untuk menjaga kesehatan tubuh.
- Baik untuk penderita darah tinggi
Selain itu, buah jambu biji merah juga sangat berkhasiat dalam menurunkan tekanan darah tinggi, karena di dalam buah jambu biji merah terdapat kandungan kalium yang mampu menstabilkan tekanan darah.
- Menjaga fungsi kelenjar
Kandungan mineral tembaga yang terdapat pada buah jambu biji sudah terbukti khasiatnya dalam menjaga fungsi kelenjar tiroid, jika terjadi gangguan pada kelenjar tiroid maka akan menyebabkan munculnya penyakit serius.
- Membantu penyerapan nutrisi
Kandungan mineral lainnya yang terdapat pada buah jambu biji merah yaitu mangan, kandungan mangan dapat membantu dalam menyerap nutrisi pada makanan yang kita konsumsi. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang sehat agar nutrisi yang diserap tubuh lebih maksimal.
- Membantu penyembuhan DBD
Buah jambu biji merah juga sangat berkhasiat dalam mengobati penyakit demam berdarah, karena buah jambu biji merah kaya akan kandungan zat besi yang dapat membantu pembentukan sel darah baru di dalam tubuh.
- Membantu menjaga stamina
Jambu biji kaya akan kandungan magnesium yang sangat berkhasiat untuk relaksasi, sehingga dapat membantu dalam mengendurkan otot-otot saraf di dalam tubuh. Selain itu, mengkonsumsi buah jambu biji merah setelah melakukan aktivitas seharian dapat mengembalikan stamina yang hilang.
- Menjaga fungsi otak
Vitamin B3 dan B6 yang terdapat di dalam buah jambu merah sangat berguna dalam membantu menjaga fungsi otak dengan cara melancarkan sirkulasi darah dengan baik.
- Menjaga kesehatan kulit
Buah jambu merah juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, karena di dalam buah jambu biji merah mengandung vitamin C, beta-karoten dan juga antioksidan yang sangat tinggi. Sehingga kulit akan tampak lebih cerah, lembut dan jauh dari gangguan kulit seperti jerawat, kulit kering, kulit berminyak dan gangguan kulit lainnya. Maka tak heran jika buah jambu biji sering dijadikan sebagai bahan untuk membuat lotion untuk kulit wajah dan tubuh.
Previous
Next Post »