MOCHI JEPANG ISI KACANG



MOCHI JEPANG ISI KACANG. Jika sebelumnya di indonesia dikenal dengan mochi khas sukabumi maka kali ini yang akan kita buat adalah Mochi khas jepang. Biasanya di jepang Mochi ini di buat dari tepung beras ketan dan ada juga jenis tepung manis atau di sebut juga mochiko. Berikut adalah cara membuat mochi yang benar dan tentunya enak dan lezat.

Bahan-bahan yang diperlukan :
-tepung ketan 400 gram
-air 1/2 liter
-garam 1/2 sendok teh
-santan kental 100 ml
-gula pasir 100 gram
-tepung sagu, sangrai terlebih dahulu (untuk melumuri kue)

Langkah-langkah membuat Mochi jepang :
1. Pertama-tama kupas kacang hijau dan rendam selama kurang lebih 1 jam. 2. Kukus sampai matang kira-kira 10 menit lalu tiriskan.
3. Siapkan blender dan masukan kacang hijau, gula, santan dan garam lalu blender sampai halus.
4. Tuangkan dalam wajan anti lengket dan tambahkan daun pandan. Masaklah dengan api kecil sampai air mengering sambil terus diaduk.
5. Angkat adonan jika sudah mudah dibentuk dan kalis.
6. Sekarang kita membuat adonan mochinya. Campur tepung ketan dan air 250 cc pada sebuah mangkuk, aduk rata. Tuangkan kembali sisa air dan aduk-aduk sampai terbentuk adonan yang agak cair.
7. Letakan kain bersih diatas mangkuk dan tuangkan adonan diatasnya. Peraslah sampai ari habis dan tampung air perasan tersebut.
8. Siapkan panci dan masak air perasan tepung sebanyak 50 ml ditambah garam, gula dan santan.
9. Tuangkan adonan tepung ketan yang sudah diperas airnya tadi dalam mangkok. Tuangkan larutan santan diatas, aduk rata.
10. Siapkan loyang dan lapisi dengan kertas roti. Tuangkan adonan mochi diatasnya dan kukus selama 20 menit.
11. Keluarkan aodnan dari loyang untuk dibentuk. Adonan tersebut cukup lengket, untuk itu lumuri tangan anda dengan tepung sangrai.
12. Ambil sedikit adonan mochi, lalu pipihkan. Letakan sedikit adonan isi ditengahnya dan bentuk menjadi bulat. Lakukan sampai habis
13. Lumuri kue mochi diatas dengan tepung sagu yang sudah disangrai.


Tata diatas piring dan kue mochi isi kacang siap disajikan.

Previous
Next Post »